Panwaslu Pamekasan Tak Hadiri Deklarasi Kampanye Damai

Selasa, 13 Agustus 20130 komentar

Pamekasan (Juruwarta/Antara) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pamekasan tidak menghadiri deklarasi kampanye pilkada damai pasangan Gubernur Jatim yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Saya tidak mengetahui secara pasti alasan pihak Panwaslu Pamekasan tidak menghadiri deklarasi kampanye pilkada damai itu. Padahal, acara itu sangat penting bagi perjalanan tahapan Pilkada Jatim ini," kata anggota KPU Pamekasan Didin Sudarman, Minggu siang.

Deklarasi kampanye Pilkada Jatim damai digelar KPU Pamekasan disalah satu hotel di Pamekasan dengan tujuan untuk mengikat komitmen semua pihak, baik tim sukses masing-masing pasangan gubernur maupun penyelenggara pilkada agar taat aturan.

Kehadiran para pihak yang terlibat dalam proses Pilkada Jatim itu sangat dibutuhkan, termasuk panitia pengawas pilkada sebagai institusi pengawas dalam proses demokratisasi.

"Sejak pagi jingga menjelang pelaksanaan deklrasi, kami berupaya menghubungi nomor telepon semua anggota Panwaslu Pamekasan itu, namun tidak aktif," ucap Didin Sudarman.

Akibatnya, sambung dia, tak satupun dari anggota Panwaslu Kabupaten Pamekasan tersebut menghadiri deklarasi kampanye pilkada damai yang digelar KPU Kabupaten Pamekasan, Minggu itu.

Didin Sudarman menjelaskan, berdasrkan penjelasan sejumlah staf pegawai di institusi pengawasa itu, anggota Panwaslu tidak menghadiri deklarasi damai Pilkada Jatim, karena semuanya sedang ada kepentingan keluarga.

"Katanya masih silaturrahmi dengan keluarganya. Makanya tidak bisa menghadiri penandatangan kampanye pilkada damai yang kami gelar," tuturnya.

Kendatipun demikian, Didin berharap, ketidak hadiran anggota Panwaslu Pamekasan dalam acara deklarasi dan penandatanganan kampanye pilkada damai itu, tidak akan mengurangi nilai-nilai kebersamaan, serta komitmen untuk melaksanakan pilkada Jatim yang jujur, adil dan taat aturan.

Kampanye pilkada gubernur Jatim akan berlangsung mulai tanggal 12 hingga 25 Agustus 2013. Masa tenang mulai tanggal 26 hingga 28 Agustus 2013, sedangkan pelaksanaan pemungutan suara pada tanggal 29 Agustus 2013.

Sebanyak empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur akan bersaing memperebutkan dukungan masyarakat Jawa Timur pada pilkada 29 Agustus 2013.

Keempat pasangan itu masing-masing pasangan Soekarwo-Syaifullah Yusuf dengan nomor urut 1, pasangan Eggi Sujana-M Sihat dengan nomor urut 2, lalu pasangan Bambang DH-Said Abdullah dengan nomor urut 3, serta pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Sumawiredja dengan nomor urut 4.(rr)

(Sumber: http://id.berita.yahoo.com/panwaslu-pamekasan-tak-hadiri-deklarasi-kampanye-damai-073844948.html)
Share this article :

Posting Komentar

 
Didukung oleh : Facebook | Twitter | You Tobe
Copyright © 2015. Blog Madura - All Rights Reserved
Media Lainnya Sakera Pamekasan dan Tokoh Kita
Serta Didukung Penuh Oleh Madura Media